Karya Tulis Ilmiah Study Tour: Masjid Agung Jawa Tengah


Berikut yakni karya tulis kami yang berjudul "Masjid Agung Jawa Tengah Sebagai Akulturasi Kebudayaan Asing dan Kebudayaan Nusantara" yang digunakan dan diajukan untuk memenuhi salah satu kiprah selesai semester genap kenaikan kelas tahun pedoman 2017/2018 di SMAN 4 Kabupaten Tangerang:

COVER

 Berikut yakni karya tulis kami yang berjudul  Karya Tulis Ilmiah Study Tour: Masjid Agung Jawa Tengah


ABSTRAK


       Karya tulis yang berjudul "Masjid Agung Jawa Tengah Sebagai Akulturasi Kebudayaan Asing dan Kebudayaan Nusantara" ini membahas banyak hal wacana Masjid Agung Jawa Tengah, serta perkembangannya dari tahun ke tahun.
       Tujuan penulisan karya tulis ini yakni untuk memenuhi kiprah selesai Semester Genap dan kenaikan kelas tahun pedoman 2017/2018, serta memperlihatkan citra bagi pembaca wacana wujud arsitektur, bentuk akulturasi, dan sejarah berdirinya Masjid Agung Jawa Tengah.
       Metode yang digunakan dalam penulisan karya ilmiah ini yakni dengan melaksanakan pengamatan secara pribadi dengan mengunjungi Masjid Agung Jawa Tengah dalam perjalanan Study Tour. Selain itu, untuk memperkaya data-data yang berkaitan dengan permasalahan yang akan dibahas, penulis melaksanakan metode studi pustaka dengan membaca literatur dari beberapa buku ataupun dokumen yang berkaitan dengan duduk kasus yang akan dibahas dan dari media elektronik mirip internet.
       Berdasarkan hasil observasi dan studi pustaka, Masjid Agung Jawa Tengah mempunyai keistimewaan yaitu mempunyai perpaduan arsitektur dari tiga budaya, yaitu budaya Jawa, Timur Tengah, serta Romawi. Dengan keistimewaan tersebut, Masjid Agung Jawa Tengah menjadi salah satu Masjid di Indonesia yang sering dikunjungi para wisatawan untuk wisata religi.


LEMBAR PENGESAHAN


Dengan ini penulis menyatakan bahwa karya tulis yang berjudul "MASJID AGUNG JAWA TENGAH SEBAGAI AKULTURASI KEBUDAYAAN ASING DAN KEBUDAYAAN NUSANTARA" 
telah disahkan dan disetujui pada Jum'at, 18 Mei 2018




Oleh:



         Guru Pembimbing 1                                                                             Guru Pembimbing 2



        NIP:                                                                                                        NIP:


MOTTO DAN PERSEMBAHAN

Motto:
  • Usaha akan membuahkan hasil sesudah seseorang tidak akan mengalah - (Napoleon Hill).
  • Sesuatu akan terlihat mungkin hingga semuanya selesai - (Nelson Mandela).
  • Janganlah berputus asa bila menghadapi kesulitan, lantaran setiap tetes air hujan yang jatuh berasal dari awan yang gelap.
  • Sukses bukanlah akhir, kegagalan bukanlah kiamat; itu yakni keberanian yang harus terus ditambahkan - (Winston Churchill)
  • Bila kamu tak tahan lelahnya belajar, maka kamu harus tahan menanggung perihnya kebodohan (Imam Syafi'i)
Karya tulis ini kami persembahkan kepada:
  • Bapak Drs. H. Dedi Heryadi M.Pd. selaku Bapak Kepala Sekolah SMAN 4 Kabupaten Tangerang.
  • Ibu Samsaroh S.Pd. dan Bapak Drs. Koswara sebagai guru pembimbing yang telah membimbing kami dalam pembuatan karya tulis ini.
  • Bapak dan Ibu Guru SMAN 4 Kabupaten Tangerang yang telah memperlihatkan pembelajaran selama mengikuti kegiatan belajar-mengajar di SMAN 4 Kabupaten Tangerang.
  • Seluruh Staff Tata Usaha SMAN 4 Kabupaten Tangerang yang telah memperlihatkan pelayanan dalam menunjang proses pembelajaran di SMAN 4 Kabupaten Tangerang.
  • Ayah dan Ibu yang selalu memperlihatkan dukungan moril maupun materil dalam pembuatan karya tulis ini.
  • Kakak kelas dan seluruh rekan-rekan siswa/siswi SMAN 4 Kabupaten Tangerang serta semua pihak yang tidak sanggup disebutkan satu persatu yang telah banyak membantu baik pertolongan moril maupun materil sehingga sanggup menuntaskan penulisan karya tulis ini pada waktunya.
  • Pembaca yang bijaksana.

KATA PENGANTAR

       Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Alhamdulillahirabbil’alamin segala puji bagi Allah SWT, yang telah meridhoi kami dalam menuntaskan karya tulis ini dengan penuh kemudahan. Tanpa pertolongan-Nya mungkin penulis tidak akan sanggup menuntaskan karya tulis ini dengan baik. Shalawat serta salam semoga terlimpah curahkan kepada baginda tercinta Nabi Muhammad SAW.
       Karya tulis ini disusun semoga pembaca sanggup memperluas ilmu pengetahuan wacana Masjid Agung Jawa Tengah, yang kami sajikan berdasarkan pengamatan dari banyak sekali sumber informasi. Karya tulis ini disusun oleh penulis dengan banyak sekali rintangan. Baik itu yang tiba dari diri penulis maupun yang tiba dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Allah SWT, kesudahannya karya tulis ini sanggup diselesaikan dengan mudah.
       Karya tulis ini memuat wacana “Akulturasi Kebudayaan Masjid Agung Jawa Tengah” yang sangat mempunyai kegunaan bagi pembaca. Walaupun karya tulis ini mungkin kurang sempurna, tapi juga mempunyai detail wacana Masjid Agung Jawa Tengah yang cukup terang bagi pembaca.
       Penulis mengucapkan terima kasih kepada guru pembimbing yaitu Ibu Samsaroh S.Pd dan Bapak Drs. Koswara yang telah membimbing kami semoga sanggup mengerti wacana bagaimana cara menyusun karya tulis dengan baik dan lancar.
    Semoga karya tulis ini sanggup memperlihatkan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Kami menyadari bahwa karya tulis ini mempunyai kelebihan dan kekurangan. Penulis memohon kepada para pembaca untuk memperlihatkan kritik beserta sarannya. Terima kasih. Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Tangerang,18 Mei 2018


Penulis


DAFTAR ISI

       HALAMAN JUDUL
       ABSTRAK.........................................................................................................................i
       LEMBAR PENGESAHAN...............................................................................................ii
       MOTTO DAN PERSEMBAHAN....................................................................................iii
       KATA PENGANTAR........................................................................................................iv
       DAFTAR ISI......................................................................................................................v
            BAB I : PENDAHULUAN...........................................................................................1
                     1.1. Latar Belakang Masalah................................................................................1
                     1.2. Rumusan Masalah........................................................................................ 2
                     1.3. Tujuan Penelitian..........................................................................................3
                     1.4. Manfaat Penelitian........................................................................................3

            BAB II : KERANGKA TEORI....................................................................................4
                     2.1. Masjid...........................................................................................................4
                        2.1.1. Pengertian Masjid...................................................................................4
                        2.1.2. Fungsi Masjid.........................................................................................4
                     2.2. Akulturasi.....................................................................................................6
                        2.2.1. Pengertian Akulturasi.............................................................................6
                        2.2.2. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Akulturasi......................................8
                     2.3. Kebudayaan..................................................................................................9
                        2.3.1. Pengertian Kebudayaan..........................................................................9
                        2.3.2. Unsur-Unsur Kebudayaan,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,10

            BAB III : METODE PENELITIAN............................................................................14
                     3.1. Metode Pengumpulan Data.........................................................................14
                     3.2. Waktu dan Tanggal Penelitian…………………....................................….14

            BAB IV : PEMBAHASAN.........................................................................................15
                     4.1. Sejarah Berdirinya Masjid Agung Jawa Tengah.........................................15
                     4.2.  Wujud Arsitektur Masjid Agung Jawa Tengah Secara Keseluruhan......   19
                     4.3. Bentuk Akulturasi pada Arsitektur Masjid Agung Jawa Tengah................21

            BAB V KESIMPULAN DAN SARAN......................................................................23
                     5.1. Kesimpulan..................................................................................................23
                     5.2. Saran............................................................................................................23

       DAFTAR PUSTAKA........................................................................................................24
       LAMPIRAN-LAMPIRAN................................................................................................28
       BIOGRAFI PENULIS.......................................................................................................36

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
       Masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia telah memperlihatkan imbas pada alam pikiran dan pola kehidupan masyarakat. Pengaruh tersebut tidak hanya terbatas pada bidang spiritual saja, tetapi juga dalam wujud tatanan sosial dan kreativitas budaya yang dilakukan oleh masyarakat. Salah satu bentuk imbas itu ditandai dengan adanya seni arsitektur Islam berupa bangunan masjid.
       Kata masjid berasal dari kata pokok dasar "sujud", sedangkan pengertian sujud dalam Islam yakni kepatuhan atau ketundukan yang dilakukan dengan penuh kekhidmatan sebagai seorang muslim atau hamba Tuhan. Selain itu, masjid juga sanggup diartikan sebagai suatu bangunan yang berfungsi untuk melaksanakan ibadah bagi orang Islam baik itu dilakukan secara sendiri maupun berkelompok.
       Bangunan masjid merupakan salah satu wujud penampilan budaya Islam. Masjid muncul sebagai sentra kegiatan Islam, yang merupakan perpaduan dari fungsi bangunan sebagai unsur arsitektur Islam yang berpedoman pada ketentuan-ketentuan yang diperintahkan oleh Tuhan sebagai tempat pelaksanaan pedoman Islam, dengan bangunan sebagai ungkapan tertinggi dari nilai-nilai luhur suatu kehidupan insan yang juga melaksanakan pedoman Islam. Maka tampillah arsitektur masjid dengan segala kelengkapannya, dengan bentuk gaya, corak, dan penampilannya dari setiap kurun waktu, setiap daerah, lingkungan kehidupan dengan susila dan kebiasaan, serta latar belakang insan yang menciptakannya.
       Bentuk bangunan masjid di Indonesia dari bentuk semula yang sederhana berupa musholla, langgar, atau surau kemudian mengalami perkembangan bentuk yang lebih sempurna. Perkembangan Islam di Indonesia banyak mewariskan peninggalan bersejarah antara lain masjid-masjid lama. Masjid-masjid usang ini berkembang dari waktu ke waktu menjadi masjid yang mempunyai unsur modern, sebagai referensi Masjid Agung Jawa Tengah yang terletak di Kota Semarang, Jawa Tengah.
       Masjid Agung Jawa Tengah mulai dirancang pada tanggal 6 Juni 2001 dengan keputusan pokok yang sudah ditentukan yaitu status tanah, persetujuan pembiayaan dari APBD oleh DPRD Jawa Tengah, serta pemilihan lahan tapak dan jadwal ruang. Kemudian pada tahun 2002, dimulai pembangunan dengan peletakan watu pertama sebagai rasa syukur terhadap kembalinya tanah wakaf. Setelah itu, pembangunan selesai pada 2006 sebelum diresmikan oleh Presiden Indonesia keenam, Susilo Bambang Yudhoyono.
       Pada bidang arsitektur, Masjid Agung Jawa Tengah merupakan suatu karya seni yang memperlihatkan seni arsitektur dari kebudayaan dalam dan luar yang mempengaruhinya. Pada bangunan Masjid Agung Jawa Tengah terdapat corak arsitektur dari kebudayaan Nusantara yaitu imbas budaya Jawa, dan corak arsitektur dari kebudayaan gila yaitu imbas budaya Timur Tengah (Arab Saudi) dan Romawi (Yunani).
       Memperhatikan citra umum dari banyak sekali bentuk masjid yang ada di setiap daerah, sanggup diketahui bahwa masjid di kawasan tertentu mempunyai ciri khas arsitektur yang berbeda. Masing-masing masjid mempunyai keunikan tersendiri, dari sekian banyak masjid di Indonesia yang mempunyai keunikan dan ciri khas, salah satunya yakni Masjid Agung Jawa Tengah.

1.2 Rumusan Masalah
       Berdasarkan pada latar belakang duduk kasus yang telah dipaparkan sebelumnya, penulis membuat rumusan duduk kasus yang menjadi fokus penelitian/penulisan selanjutnya. Adapun rumusan duduk kasus yang dikaji dalam penulisan ini yakni sebagai berikut:
1). Bagaimana sejarah berdirinya Masjid Agung Jawa Tengah?
2). Bagaimana wujud arsitektur Masjid Agung Jawa Tengah secara keseluruhan?
3). Bagaimana bentuk akulturasi pada arsitektur Masjid Agung Jawa Tengah?

1.3 Tujuan Penelitian
       Diharapkan penelitian ini sanggup memenuhi tujuan sebagai berikut:
1). Mengetahui sejarah berdirinya Masjid Agung Jawa Tengah.
2). Mengetahui wujud arsitektur Masjid Agung Jawa Tengah secara keseluruhan.
3). Mengetahui bentuk akulturasi pada arsitektur Masjid Agung Jawa Tengah.

1.4 Manfaat Penelitian
       Manfaat penelitian ini intinya tetap terkait dengan tujuan penelitian ini sendiri. Adapun keuntungannya sebagai berikut:
1). Secara teoritis memperkaya khazanah ilmu pengetahuan mengenai sejarah dan kebudayaan Islam serta peninggalannya di Jawa Tengah yang harus dilestarikan keberadaannya, khususnya Masjid Agung Jawa Tengah yang merupakan salah satu perwujudan seni budaya Islam.
2). Secara mudah untuk menambah materi informasi bagi penulis khususnya dan pembaca pada umumnya yang ingin mengetahui sejarah Masjid Agung Jawa Tengah dan bentuk perpaduan dari arsitektur Masjid Agung Jawa Tengah.

BAB II

KERANGKA TEORI

2.1 Masjid

2.1.1 Pengertian Masjid
              Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Masjid diartikan sebagai rumah atau bangunan tempat bersembahyang umat Islam. Arti ini memang terlalu sempit dan kurang begitu terang maknanya, lantaran kalau hanya tempat yang digunakan untuk sembahyang umat Islam, tentunya sanggup musholla, langgar, dan sebagainya yang sanggup digunakan untuk sembahyang umat Islam.
              Menurut Sidi Galzaba, masjid secara harfiah yakni tempat sembahyang, tetapi dalam bahasa Arab berarti tempat untuk bersujud. Akar kata dari masjid yakni sajada yang berarti sujud atau tunduk, lantaran itu masjid mempunyai makna lebih luas, lantaran dimanapun umat Islam sanggup melaksanakan sujud dan penghambaan kepada Allah swt.
              Maka sujud dalam pengertian lahir berarti gerakan dan sujud dalam pengertian batin yakni pengabdian, maka dedikasi memang akan lebih luas maknanya dibanding sekedar tempat sujud, sehingga masjid sebagai salah satu tempat sujud juga sanggup mempunyai makna lebih luas bukan sekedar tempat sembahyang saja sebagaimana kebanyakan umat Islam memahami dan mempersepsi ketika ini.

       2.1.2 Fungsi Masjid
              Jika sedikit mengulas Masjid pada zaman Rasulullah SAW ketika terjadinya perang badar, masjid digunakan sebagai tempat berlatih disiplin, baik dengan latihan ibadah, musyawarah, fisik, dan sebagainya. Ketika usai perang badar, masjid beralih fungsi sebagai tempat penampungan tawanan perang, kegiatan kuttab (sebuah kegiatan baca tulis) dilakukan sebagai bentuk tebusan kemerdekaan bagi tawanan perang badar. 
              Dalam klarifikasi mengenai arti dari kiprah Masjid bila dilihat dari apa yang telah terjadi pada zaman dahulu, masjid merupakan simbol Islam secara fisik  dan  tampak.  Memaknai  wacana masjid, Kuntowijoyo beropini bahwa “Masjid yakni sebuah simbol dari agama yang sanggup menjadi Transformative Capacity dari agama Islam mirip yang telah terang terdapat dalam buku sejarah Islam, baik secara sosial, maupun budaya”. 
              Maka dari hal diatas, sanggup memperlihatkan bahwa masjid merupakan tempat yang berfungsi untuk melangsungkan banyak sekali macam acara mirip ibadah, kegiatan keagamaan, kemasyarakatan, dan juga sebagai tempat untuk mensyiarkan dakwah Islam, meningkatkan semarak keagamaan untuk mengabdi kepada Allah SWT, sehingga partisipasi dan tanggung jawab umat Islam terhadap pembangunan bangsa akan lebih besar.
              Bagi seluruh umat Islam, masjid merupakan salah satu tempat yang besar lengan berkuasa dalam proses pengembangan pengetahuan keagamaan, dengan demikian masjid tidak hanya berfungsi sebagai tempat yang hanya menitikberatkan kepada akhirat, tetapi memperpadukan antara acara dunia dan akhirat, sedangkan tujuan dari keberadaan sebuah masjid tidak lain yaitu memperlihatkan wadah untuk masyarakat dalam menyebarkan diri, baik dari segi kehidupan maupun keagamaan.
              Dari uraian klarifikasi sebelumnya sanggup ditarik sebuah kesimpulan bahwa, agama merupakan suatu hal yang tidak sanggup terlepas dari kehidupan manusia, sedangkan masjid sendiri hanyalah sebuah wadah yang berperan dalam menyebarkan nilai keagamaan itu sendiri. Kemudian dalam hal ini beberapa acara keagamaan di masjid yang menyangkut dari kiprah masjid menyebarkan keagamaan masyarakat dari segi peribadahan:
a. Masjid merupakan tempat kaum muslimin beribadah kepada Allah SWT.
b. Masjid merupakan tempat kaum muslimin mendekatkan diri kepada Allah SWT.
c. Masjid merupakan tempat kaum muslimin ber-I’tikaf, membersihkan diri, dan mensucikan batin untuk membina kesadaran dan mendapat pengalaman batin/keagamaan sehingga selalu terpelihara keseimbangan jiwa dan raga serta keutuhan kepribadian.
d. Masjid merupakan tempat bermusyawarah kaum muslimin guna memecahkan duduk kasus yang timbul di masyarakat.
e. Masjid merupakan tempat kaum muslimin berkonsultasi, mengajukan permasalahan, meminta bantuan, dan pertolongan.
f. Masjid merupakan tempat membina keutuhan ikatan jamaah dan bersama-sama dalam mewujudkan kesejahteraan bersama.
g. Masjid dan majlis ta’limnya merupakan tempat untuk meningkatkan kecerdasan dan pengetahuan Islam. Dari kegiatan ta’lim terdapat beberapa hal yang terkandung di dalamnya, antara lain:
    1. Al-Khair (Kebaikan), semoga senantiasa berjalan di atas petunjuk Allah SWT. dengan melaksanakan pedoman Islam.
    2. Menyeru berbuat ma’ruf, mengajak melaksanakan hal-hal baik sesuai syariat Islam.
  3. Melarang berbuat munkar, dengan mencegah dilakukannya segala yang diingkari (ditolak) lantaran dianggap jelek berdasarkan Islam dalam segala bidang kehidupan.
h. Masjid merupakan tempat untuk pelatihan dan pengembangan kader pimpinan umat.
i. Masjid merupakan tempat untuk mengumpulkan dana, menyimpan, dan membagikannya.

2.2 Akulturasi

       2.2.1 Pengertian Akulturasi
              Secara umum, pengertian akulturasi yakni perpaduan budaya yang kemudian menghasilkan budaya gres tanpa menghilangkan unsur-unsur orisinil dalam budaya tersebut. Misalnya, proses percampuran dua budaya atau lebih yang saling bertemu dan berlangsung dalam waktu yang usang sehingga sanggup saling mempengaruhi.
              Menurut Koentjaraningrat, akulturasi yakni proses sosial yang terjadi apabila kelompok sosial dengan kebudayaan tertentu dihadapkan pada kebudayaan gila yang berbeda. Syarat terjadinya proses akulturasi yakni adanya persenyawaan (affinity) yaitu penerimaan kebudayaan tanpa rasa terkejut, kemudian adanya keseragaman (homogenity) mirip nilai gres yang tercerna jawaban keserupaan tingkat dan corak budayanya.
               Menurut Redfield, Linton, dan Herskovits (dalam S.J, 1984) akulturasi memahami fenomena yang terjadi ketika kelompok individu yang mempunyai budaya yang berbeda tiba ke budaya lain kemudian terjadi kontak berkelanjutan dari sentuhan yang pertama dengan perubahan berikutnya dalam pola kultur orisinil atau salah satu dari kedua kelompok.
               Menurut Social Science Research Council (1954), akulturasi merupakan perubahan budaya yang diawali dengan bergabungnya dua atau lebih budaya yang berdiri sendiri. Perubahan akulturatif mungkin merupakan konsekuensi pribadi dari perubahan budaya, mungkin disebabkan oleh faktor non-budaya, mirip ekologi atau modifikasi demografi yang disebabkan oleh budaya yang bertumpang-tindih, mungkin juga terhambat, mirip penyesuaian internal terhadap penerimaan sifat-sifat atau pola asing, atau mungkin bentuk reaksi penyesuaian dari model hidup secara tradisional.
               Menurut Graves (1967), akulturasi merupakan suatu perubahan yang dialami oleh individu sebagai hasil terjadinya kontak dengan budaya lain, dan sebagai hasil dari keikutsertaan dalam proses akulturasi yang sedang dijalani oleh budaya dan kelompok etnisnya. Perubahan yang terjadi pada tingkatan ini terlihat pada identitas, nilai-nilai, dan perilaku.
              Akulturasi berdasarkan Organization for Migration (2004) merupakan penyesuaian progresif seseorang, kelompok, atau kelas dari suatu budaya pada elemen-elemen budaya gila (ide, kata-kata, nilai, norma, perilaku).

2.3 Kebudayaan

       2.3.1 Pengertian Kebudayaan
              Kebudayaan yakni keseluruhan sistem gagasan, tindakan, dan hasil karya insan dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik insan dengan mencar ilmu (Koentjaraningrat, 1990: 180). Salah satu unsur kebudayaan yakni sistem religi yang di dalamnya terkandung agama dan kepercayaan.
              Pernyataan Krober dan Kluckholn (Alisjahbana, 1986: 207-208), definisi kebudayaan sanggup digolongkan menjadi 7 hal, yaitu:
1. Kebudayaan sebagai keseluruhan hidup insan secara kompleks, mencakup hukum, seni, moral, susila istiadat, dan segala kecakapan lain, yang diperoleh insan sebagai anggota masyarakat.
2. Menekankan sejarah kebudayaan, yang memandang kebudayaan sebagai warisan tradisi.
3. Menekankan kebudayaan yang bersifat normatif, yaitu kebudayaan dianggap sebagai cara dan aturan hidup manusia, mirip cita-cita, nilai, dan tingkah laku.
4. Pendekatan kebudayaan dari aspek psikologis, kebudayaan sebagai langkah penyesuaian diri insan kepada lingkungan sekitarnya.
5. Kebudayaan dipandang sebagai struktur, yang membicarakan pola-pola dan organisasi kebudayaan serta fungsinya.
6. Kebudayaan sebagai hasil perbuatan atau kecerdasan.
7. Definisi kebudayaan yang tidak lengkap dan kurang bersistem.

BAB III

METODE PENELITIAN

3.1 Metode Penelitian
       Untuk mendapat data dan informasi yang dibutuhkan dalam menuntaskan karya tulis ini, penulis memakai beberapa metode penelitian. Adapun metode yang digunakan antara lain:
A. Observasi
       Metode Observasi yakni penelitian yang dilakukan dengan cara mengadakan pengamatan terhadap objek, baik secara pribadi maupun tidak langsung.
       Dalam hal ini penulis memakai metode ini untuk mengumpulkan data-data dengan mengamati secara pribadi terhadap objek yang diteliti dengan cara mendatangi lokasi penelitian yaitu di Masjid Agung Jawa Tengah. Observasi pada penelitian ini digunakan untuk mengumpulkan data yang berkaitan dengan fokus penelitian.
B. Studi Pustaka
       Studi Pustaka merupakan metode pengumpulan data yang diarahkan kepada pencarian data dan informasi melalui dokumen-dokumen, baik dokumen tertulis, foto-foto, gambar, maupun dokumen elektronik yang sanggup mendukung proses penulisan.
       Penulis memakai metode ini untuk melaksanakan pengumpulan data dan informasi dengan pertolongan banyak sekali material mirip buku, literatur, catatan, artikel, dan browsing internet yang berkaitan dengan Masjid Agung Jawa Tengah.

BAB IV

PEMBAHASAN


4.1 Sejarah Berdirinya Masjid Agung Jawa Tengah
       Keberadaan Masjid Agung Jawa Tengah ini tak lepas dari Masjid Agung Kauman Semarang. Pembangunan Masjid Agung Jawa Tengah dilatarbelakangi dengan kembalinya tanah banda (harta) wakaf milik Masjid Agung Kauman Semarang yang telah sekian usang tak tentu rimbanya. Kembalinya banda wakaf Masjid Agung Kauman Semarang menjadi momentum sejarah yang penting bagi masyarakat   muslim   Semarang.   Momentum   kembalinya   banda   wakaf  tersebut menjadi titik titik puncak usaha masyarakat muslim Semarang dalam menuntaskan duduk kasus yang bahwasanya telah muncul semenjak tahun 1980.
       Raibnya banda wakaf Masjid Agung Kauman Semarang berawal dari proses tukar guling tanah wakaf Masjid Agung Kauman seluas 119.127 ha yang dikelola oleh BKM (Badan Kesejahteraan Masjid) bentukan Bidang Urusan Agama Depag Jawa Tengah. Dengan alasan tanah itu tidak produktif, oleh BKM tanah itu di tukar guling dengan tanah seluas 250 ha di Demak lewat PT. Sambirejo, kemudian berpindah tangan ke PT. Tensindo milik Tjipto Siswoyo. 
       Pada tanggal 6 Juni 2001, Gubernur Jawa Tengah membentuk Tim Koordinasi Pembangunan Masjid Agung Jawa Tengah yang terdiri atas unsur Pemerintahan Propinsi, Majelis Ulama Indonesia, Masjid Agung Kauman Semarang, Departemen Agama, Departemen Pekerjaan Umum, Organisasi Kemasyarakatan Islam, Pemerintah Kota, dan Cendekiawan untuk menangani masalah-masalah baik yang fundamental maupun teknis. Tim Koordinasi Pembangunan ini yang kemudian lebih dikenal sebagai Panitia Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), bekerja keras menanggulangi masalah-masalah baik yang fundamental maupun teknis. Berkat niat yang luhur dan silaturahmi yang erat, dalam waktu kerja yang amat singkat keputusan-keputusan pokok sudah sanggup ditentukan: status tanah, persetujuan pembiayaan dari APBD oleh DPRD Jawa Tengah, serta pemiilhan lahan tapak dan jadwal ruang. Masjid Agung Jawa Tengah sendiri dibangun di atas salah satu petak tanah banda wakaf Masjid Agung Kauman Semarang yang telah kembali tersebut yakni pemilihan lahan tapak yang banyak disoroti masyarakat, lantaran membutuhkan luas lahan 10 hektar. Padahal tanah wakaf yang dikembalikan ke Masjid Agung Kauman Semarang terdiri atas 6 blok terpisah-pisah, dan hanya satu yang ukurannya cukup luas mencapai 10 hektar. Yakni lahan berlokasi di Jl. Gajah yang berjarak sekitar 800 m dari Jl. Arteri Soekarno Hatta yang merupakan jalan raya.
       Masjid Agung Jawa Tengah diresmikan pada tanggal 14 November 2006 oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudoyono dengan menekan tombol sirine dan penandatanganan replika prasasti, sedangkan prasati yang orisinil sudah dipasang secara permanen di halaman depan masuk Masjid setinggi 3,2 meter dengan berat 7,8 ton. Bahannya dari watu alam yang diambil dari lereng Gunung Merapi, Kabupaten Magelang, Jateng. Prasasti ini dipahat Nyoman M. Alim yang juga dipercaya membuat miniatur candi Borobudur yang ditempatkan di Minimundus Vienna, Austria, pada tahun 2001. Usai peresmian, Presiden beserta Ibu Negara dan rombongan terbatas mengadakan peninjauan ke dalam Masjid dan melihat maket serta kemudahan yang dimiliki, dipandu Ahmad Fatani selaku desainer dari Masjid ini.
       Akhirnya umat Islam di Jawa Tengah patut berbangga bahwa pada kesudahannya mereka sanggup mempunyai Masjid Agung yang megah dan indah, sarat keistimewaan dibanding Masjid-masjid lain, yakni Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) yang terletak di Jl. Gajah Raya Kelurahan Sambirejo Kota Semarang itu. Hingga Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengajak para ulama, kyai, cendekiawan, dan umat Islam untuk mengakibatkan Masjid Agung Jawa Tengah sebagai sentra keunggulan dakwah dan syiar Islam. Hal itu disampaikan Presiden dalam sambutannya ketika meresmikan Masjid Agung Jawa Tengah. Hadir pula Menteri Agama Maftuh Basyuni, Mendagri M. Ma'ruf, dan Gubernur Jateng Mardiyanto. 

4.2 Wujud Arsitektur Masjid Agung Jawa Tengah Secara Keseluruhan
       Desain arsitektur Masjid Agung Jawa Tengah dibentuk oleh Ahmad Fanani, arsitek senior lulusan UGM, yang memenangkan sayembara desain Masjid Agung Jawa Tengah pada 28 November 2001. Bangunan utama masjid beratap limas khas bangunan Jawa namun dibagian ujungnya dilengkapi dengan kubah besar berdiameter 20 meter ditambah lagi dengan 4 menara yang masing-masing setinggi 62 meter ditiap penjuru atapnya sebagai bentuk bangunan masjid universal Islam lengkap dengan satu menara terpisah dari bangunan masjid setinggi 99 meter. Masjid Agung Jawa Tengah ini selain disiapkan sebagai tempat ibadah, juga dipersiapkan sebagai objek wisata religius. Untuk menunjang tujuan tersebut, Masjid Agung Jawa Tengah ini dilengkapi dengan wisma penginapan dengan kapasitas 23 kamar banyak sekali kelas, sehingga para peziarah yang ingin bermalam sanggup memanfaatkan fasilitas.
       Daya tarik lain dari masjid ini yakni Menara Al-Husna yang tingginya 99 meter. Bagian dasar dari menara ini terdapat Studio Radio DAIS (Dakwah Islam) dengan frekuensi siaran 107,9 FM yang diresmikan pada Sabtu, 23 September 2006 dan Pemancar TVKU (Televisi Kampus Universitas Dian Nuswantoro), sedangkan di lantai 2 dan 3 digunakan sebagai Museum Kebudayaan Islam, dan di lantai 18 terdapat kafe muslim yang sanggup berputar 360 derajat. Lantai 19 untuk menara pandang, dilengkapi 5 teropong yang sanggup melihat kota Semarang. Pada awal Ramadhan 1427 H lalu, teropong di masjid ini pertama kalinya digunakan untuk melihat Rukyatul Hilal oleh Tim Rukyah Jawa Tengah dengan memakai teropong canggih dari Belanda.
       Masjid Agung Jawa Tengah mempunyai gerbang yang mirip dengan Colosseum khas Eropa, mengelilingi belahan depan masjid seolah menyambut wisatawan yang tiba dengan kaligrafi bertuliskan surat Al-Mukmin ayat 1-5, sedangkan bila dilihat dari sisi dalam gerbang, yang tertulis merupakan Asmaul-Husna dan surat Al-Fatihah sebagai pembuka.
       Di dalam gerbang yang melingkar itu, berdiri tegak ikon masjid ini yang identik dengan Masjid Nabawi di Madinah yaitu enam payung raksasa yang menunjukan gaya bangunan juga mengadopsi masjid di Timur Tengah, lengkap dengan pelataran masjid yang luas. Pelataran ini menjadi tempat bermain untuk anak, berfoto di depan kemegahan masjidnya, hingga acara-acara keagamaan yang bersifat luar ruang.
       Masjid Agung Jawa Tengah mempunyai ornamen bangunan mirip yang ada di rumah susila Jawa. Ukiran-ukiran kayu klasik, tersebar di banyak sekali sudut ruangan, pintu, dan jendelanya. Inilah belahan dari bangunan yang mengadopsi budaya Jawa. Selain gesekan kayu, arsitektur gaya Jawa juga terlihat di jendela dan pintu-pintu masjid yang lebar nan besar. Terdapat juga Al-Qur'an raksasa dan bedug raksasa yang berukuran sekitar 3 x 2 meter.

4.3 Bentuk Akulturasi Pada Arsitektur Masjid Agung Jawa Tengah
       Akulturasi yakni perpaduan budaya yang kemudian menghasilkan budaya gres tanpa menghilangkan unsur-unsur orisinil dalam budaya tersebut. Contohnya pada Masjid Agung Jawa Tengah yang mempunyai corak gres dari budaya gila dan lokal tetapi tidak menghilangkan unsur-unsur aslinya. Masjid Agung Jawa Tengah mempunyai bentuk akulturasi yang memadukan gaya bangunan Jawa, Timur Tengah (Arab), dan Romawi (Eropa).
       Gerbang Al-Qanatir di Masjid Agung Jawa Tengah mempunyai 25 pilar megah berwarna ungu dengan gaya khas Romawi. Pilar-pilarnya yang ibarat Colosseum di Roma ini dihiasi dengan kaligrafi-kaligrafi indah berlafalkan Islam, menyimbolkan 25 Nabi dan Rasul, di gerbang ditulis dua kalimat syahadat, pada bidang datar tertulis aksara Arab Melayu "Sucining Guno Gapuraning Gusti".
       Bangunan masjid juga terdapat 6 payung raksasa dengan tinggi masing-masing 20 meter dan bentangan payung sehingga 14 meter. Payung di Masjid Agung Jawa Tengah dibentuk sebagai atap kala jumlah jamaah tengah meluap. Waktu dibukanya payung hidrolik ini setiap shalat Jum'at, hari Sabtu, hari Minggu, dan setiap ada jadwal besar. Payung-payung hidrolik ini ibarat payung hidrolik yang berada di Masjid Nabawi Madinah.
       Arsitektur gaya Jawa terlihat pada ornamen-ornamen bangunan Masjid Agung Jawa Tengah. Masjid Agung Jawa Tengah ini mempunyai atap bersusun dengan bentuk limasan yang ibarat atap Masjid Agung Jawa Tengah, serta ukiran-ukiran kayu klasik yang tersebar di banyak sekali sudut ruangan, pintu, dan jendelanya. Selain gesekan kayu, juga terlihat arsitektur gaya Jawa di jendela dan pintu-pintu masjid yang lebar nan besar.

BAB V

KESIMPULAN

5.1 Kesimpulan
       Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan:
1. Pembangunan Masjid Agung Jawa Tengah tidak lepas dari Masjid Besar Kauman Semarang lantaran pembangunannya berawal dari kembalinya tanah banda (harta) wakaf milik Masjid Besar Kauman Semarang.
2. Pada tanggal 6 Juni 2001, Gubernur Jawa Tengah membentuk Tim Koordinasi Pembangunan Masjid Agung Jawa Tengah untuk menangani masalah-masalah wacana status tanah, persetujuan pembiayaan dari APBD oleh DPRD Jawa Tengah, serta pemilihan lahan tapak dan jadwal ruang.
3. Masjid Agung Jawa Tengah diresmikan pada tanggal 14 November 2006 oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.
4. Masjid Agung Jawa Tengah mempunyai atap berbentuk limas dan kubah besar berdiameter 20 meter ditambah dengan 4 menara yang masing-masing setinggi 62 meter di tiap penjuru atapnya, serta satu menara terpisah dari bangunan Masjid setinggi 99 meter.
5. Masjid Agung Jawa Tengah mempunyai bentuk akulturasi yang memadukan gaya bangunan Jawa (atap bersusun dengan bentuk limasan yang ibarat atap Masjid Agung Demak), gaya bangunan Islam (payung-payung hidrolik yang ibarat payung-payung hidrolik yang berada di Masjid Nabawi Madinah), dan gaya bangunan Romawi (Gerbang Al-Qanatir yang pilar-pilarnya ibarat Colosseum di Roma, Italia. 

5.2 Saran
       Semoga penulisan karya tulis ini sanggup menjadi materi pertimbangan atau perhiasan bacaan, dan semoga bermanfaat bagi penulis-penulis selanjutnya. Penulis menyadari bahwa penulisan ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh lantaran itu, penulis berharap ada pembahasan yang lebih mendalam dan menyempurnakan penulisan wacana akulturasi budaya dalam Masjid Agung Jawa Tengah.

DAFTAR PUSTAKA


INTERNET
Abi Muda. (2015, 24 November). Pengertian Akulturasi dan Contoh Akulturasi Budaya. Diperoleh 27 April 2018, dari https://sch.paperplane-tm.site/search?q=pengertian-akulturasi-dan-contoh-akulturasi-budaya

Berilmu Sebelum Beramal. (2016, 22 November). Sejarah Masjid Agung Jawa Tengah. Diperoleh 7 Mei 2018, dari https://sch.paperplane-tm.site/search?q=pengertian-akulturasi-dan-contoh-akulturasi-budaya

Bon Voyage Jogja. (2016, 14 November). Masjid Agung Semarang: Kemegahan dalam Balutan Tiga Budaya. Diperoleh 7 Mei 2018, dari https://bonvoyagejogja.com/masjid-agung-semarang-kemegahan-dalam-balutan-tiga-budaya/

Kaskus. (2016, 14 Maret). Keunikan Masjid Agung Jawa Tengah. Diperoleh 4 Mei 2018, dari https://www.kaskus.co.id/thread/56e6423850741026258b4575/keunikan-masjid-agung-jawa-tengah/

KOMPAS. (2017, 19 Juni). Menikmati Kemegahan Arsitektur Masjid Agung Jawa Tengah. Diperoleh 7 Mei 2018, dari https://almanhaj.or.id/2524-pengertian-masjid.html

Mutiah, Mumut. (2012, 18 Februari). Seni Arsitektur Bangunan Masjid. Diperoleh 10 April 2018, dari https://www.slideshare.net/MumutMutiah/seni-arsitektur-bangunan-masjid

Opick Weblog. (2015, 16 Februari). Keunikan Masjid Agung Jawa Tengah. Diperoleh 4 Mei 2018, dari https://sch.paperplane-tm.site/search?q=pengertian-akulturasi-dan-contoh-akulturasi-budaya

Republika. (2016, 27 Oktober). Masjid Agung Demak, Simbol Akulturasi Islam di Tanah Jawa. Diperoleh 4 Mei 2018, dari  https://sch.paperplane-tm.site/search?q=pengertian-akulturasi-dan-contoh-akulturasi-budaya 

Wikipedia. (2018, 9 Maret). Masjid. Diperoleh 10 April 2018, dari https://id.wikipedia.org/wiki/Masjid

Wikipedia. (2018, 15 Maret). Masjid Agung Jawa Tengah. Diperoleh 10 April 2018, dari https://id.wikipedia.org/wiki/Masjid_Agung_Jawa_Tengah

SKRIPSI
Apriyanto. 2015. Akulturasi Budaya dalam Arsitektur Masjid Gedhe Mataram Kotagede. Fakultas Adab dan Ilmu Budaya. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Kasih, Fatimah Tanjung. 2012. Laku Nenepi di Makam Panembahan Senopati Kotagede. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Yogyakarta.

Khotimah, Nurul. 2016. Komodifikasi Masjid: Upaya Membangun Brand Equity (Studi Kasus pada Masjid Cheng Hoo Surabaya). Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel
.
Kurniawan, Fenny. 2011. Gambaran Strategi Akulturasi pada Mahasiswa Asing di Universitas Sumatera Utara. Fakultas Psikologi. Universitas Sumatera Utara.

Mahalli, Zainal. 2016. Studi Tentang Tradisi Bunceng Umat Konghucu di Tempat Ibadah Tri Dharma Kwan Sing Bio Tuban Jawa Timur. Fakultas Ushuluddin. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Susandi, Alvin. 2010. Akulturasi Budaya pada Masjid Agung Palembang. Fakultas Adab. Universitas Islam Negeri Yogyakarta.

Sutriyono, S. 2017. Managemen Mutu Pelayanan Terhadap Santri pada Lembaga Kursus Al-Qur'an Al-Falah Surabaya (Studi Analisa Balance Scorecard). Fakultas Dirasat Islamiyah. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel. 

Syarifuddin. 2016. Keberadaan Masjid Al-Akbar Surabaya dalam Meningkatkan Kualitas Keagamaan Masyarakat. Fakultas Ushuluddin dan Filsafat Islam. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Triana, Yogi Ade. 2007. Analisis Visual Masjid Baiturrahmah (Dermayu) Desa Dermayu Kecamatan Sindang Kabupaten Indramayu. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni. Universitas Pendidikan Islam.

Related : Karya Tulis Ilmiah Study Tour: Masjid Agung Jawa Tengah

0 Komentar untuk "Karya Tulis Ilmiah Study Tour: Masjid Agung Jawa Tengah"

DUKUNG KAMI

SAWER Ngopi Disini.! Merasa Terbantu Dengan artikel ini? Ayo Traktir Kopi Dengan Cara Berbagi Donasi. Agar Kami Tambah Semangat. Terimakasih :)
close
close