60 Pola Soal Informatika Kelas 11 Semester 2 Kurikulum 2013 Sma/Ma Beserta Tanggapan (Pg+Essay)Part8

60 Contoh Soal Informatika Kelas 11 Semester 2 Kurikulum 2013 SMA/MA Beserta Jawaban (PG+Essay) Part8 Edisi Revisi - Melanjutkan postingan 60 pola soal informatika kelas xi semester genap K13 cuilan ke-7 atau sebelumnya (latihan soal nomor 26-40), cuilan kedelapan ini merupakan cuilan terakhir dari materi yang dari Bab 2, "Berpikir Komputasional (Tematis)."

Selain itu, bagi anda yang belum membaca dari Bab 1, "Dampak Sosial Informatika", silahkan baca mulai dari sini.

Dimulai dari pertanyaan nomor 41, berikut dibawah ini soal informatika dilengkapi kunci tanggapan untuk kelas 11 semester genap kurtilas edisi revisi.

41. Terangkan kekerabatan fundamental antara Scientific computing dengan pemodelan matematika!
Jawaban : Scientific sanggup disimpulkan sebagai penggunaan pemodelan matematika dan teknik analisa dalam untuk menganalisis serta memecahkan permasalahan pada ruang lingkup sains maupun teknik rekayasa dengan dukungan komputer dalam. Hal ini scientific computing sanggup di deskripsi sebagi adonan dan beberapa bidang yang mempunyai disiplin ilmu berbeda.

42. Tuliskan kekerabatan antara Astronomy dengan aplikasi Stellarium!
Jawaban : Astronomy identic dengan aplikasi dari simulasi astronomi berjulukan stellarium (https://stellarium.org/id). Bagi penghobi astronomi tentu aplikasi tersebut bukan sebagai hal yang baru. Aplikasi Stellarium termasuk planetarium open source dibentuk menurut hukum-hukum. fisika memakai persamaan fisik yang berkaitan pada mekanik benda langit. Aplikasi ini sanggup diunduh secara gratis dan bisa menggambarkan banyak sekali bentuk fenomena luar angkasa secara secara realistis dalam 3D dan sangat akurat contohnya gerhana matahari, gerhana bulan, rasi bintang, pergerakan benda langit, dan lain-lain

43. Tuliskan bentuk penggunaan Scientific computing pada fisika kuantum!
Jawaban : Komputasi sanggup diguanakn pada dunia kuantum sebagai alat permodelan, contohnya menggambarkan probabilitas keberadaan elektronpada tingkat energi tertentu yang ada pada sebuah atom. Kita tahu bahwa insan tidak bisa melihat wujud dari sebuah atom. Jika bisa memodelkan atom, citra terhadap fenomena yang terjadi pada ukuran atomic atau pun partikel subatomik lainnya sanggup diketahui. Hal ini bertujuan untuk menciptakan teknologi canggih dari fenomen kuantum dengan munculnya komputer kuantum. Sedangkan aplikasinya sanggup dipakai pada ilmu Fisika Nuklir, Fisika Partikel, Kimia Molekuler, Laser, Spectroscopy, dan sebagainya.

44. Uraikan perihal manfaat penggunaan scientific computing dalam memecahkan persoalan perubahan iklim!
Jawaban : Dengan memakai scientific computing, akan didapatkan pemecahan persoalan dengan hasil prediksi iklim yang cepat dan akurat memakai komputer pararel. Jadi, salah satu penggunaan scientific computing yaitu sanggup mempermudah kehidupan insan biar diperoleh produktivitas kerja yang lebih cepat dan baik.

45. Uraikan kekerabatan fundamental antara komputasi dengan prinsip-prinsip ilmu fisika dan mekanika Newtonian dengan disertai contohnya!
Jawaban : Komputasi sanggup diterapkan pada game, contohnya game Angry Bird, yang menerapkan prinsip-prinsip ilmu mekanika Newtonian dalam implementasi prinsip gerak proyektif dan energi potensial pegas pada burung yang tembakkan dengan ketapel. Selain game Angry Bird,kinerja komputasi juga sanggup pada game Final Fantasy dan game-game jenis MMORPG yang lainnya, salah satunya sanggup dilihat pada pergerakan air di pantai/laut pada game tersebut yang terlihat menyerupai mirip gerakan memang didasarkan pada persamaan fluida Navier-Stokes sehingga menyerupai terlihat nyata. Di kala digital ini, dunia game dan animasi juga telah memasukan banyak sekali prinsip-prinsip Fisika melalui komputasi dengan memasukan semua prinsip fisika dari level sederhana sampai paling kompleks ke dalam dunia virtual. Contoh paling gampang sanggup dilihat dalam serial anime SAO (Sword Art Online) di mana dunia virtual mempunyai kondisi sangat menyerupai dengan dunia nyata.

46. Berikan pola bentuk pemecahan komputasi di biang biologi dalam ruang lingkup dekomposisi!
Jawaban : Melihat dengan cara yang berbeda bagaimana organisme sanggup diklasifikasikan. Misalnya membangi organisme yang bersangkutan menurut habitat. Organisme yang hidup di air, atau organisme yang sayap untuk terbang.

47. Uraikan yang Anda ketahui perihal bioinformatika!
Jawaban : Bioinformatika yaitu ilmu yang mempaelajari penerapan teknik komputsional untuk mengelola dan menganalisisinformasi biologi. Bidang jenis ini mencakup penerapan metode-metode matematika, statistik, dan informatika untuk memecahkan masalah-masalah biologi, terutama memakai sekuens DNA dan asam amino serta informasi yang berkaitan dengannya. Pada bidang ini mencakup basis data yang dipakai untuk mengelola informasi biologi, penyejajaran sekuens (sequence aligenment), prediksi struktur untuk meramalkan bentuk struktur protein maupun struktur sekunder RNA, analisis filogenetik, dan analisis lisan gen.

48. Jelaskan yang dimaksud dengan model logika dalam komputasi!
Jawaban : Model jenis ini terdiri dari satu set nilai-nilai, definisi hubungan, dan kesimpulan logis. Program terdiri dari definisi kekerabatan dan suatu komputasi yaitu suatu bukti (suatu urutan kesimpulan)

49. Berikan pola bentuk pemecahan komputasi di bidang biologi dalam ruang lingkup Desain Algoritma!
Jawaban : Pada cuilan ini bukan membuatkan algoritma, tetapi akan berpikir cara lain yang lebih efisien untuk mengklasifikasikan organisme di luat metode yang dipakai dalam mengelompokkan organisme.

50. Terangkan yang Anda ketahui perihal Petri Net!
Jawaban : Penerapan komputasi dengan model Petri net pertama kali diajukan oleh Carl Adam Petri pada tahun 1962. Petri net yaitu salah satu model untuk merepresentasikan sistem terdistribusi diskret. Petri net sebagai sebuah model mempunyai grafik dua arah yang terdiri dari place, transition, dan tanda panah yang menghubungkan keduanya. Disamping itu, mempunyai kemampuan dalam merepresentasikan keadaan sistem dengan posisi token diletakan pada place tertentu. Ketika sebuah transition terpantik dengan baik, maka token akan bertansisi sesuai dengan arah tanda panah.

51. Tuliskan kekerabatan antara mesin Moore dengan prinsip dasar komputer!
Jawaban : Dalam teori komputasi sebagai prinsip dasar komputer, mesin Moore sanggup dikategorikan sebagai otomasi fase berhingga (finite state automation) dengan output ditentukan oleh fase dikala itu sehingga tidak terpengaruholeh cuilan input. Diagram fase (state diagram)dari mesin Moore mempunyai sinyat output untuk tiap fase. Hal ini berbeda dengan mesin Mealy yang mempunyai output untuk tiap transisi.

52. Bagaimanakah manfaat komputasi memakai Goole Earth?
Jawaban :Komputasi astronomi dipakai di salah satu sofeware yang cukup dikenal yaitu Google Earth. GoogleEarth merupakan sebuah kegiatan globe virtual yang sebebarnya disebut Earth Viewer dan dibuta oleh Keyhole, Inc. kegiatan ini memetakan bumi dari superimposisi gambar yang dikumpulkan dari pemetaan satelit, fotografi udara dan globe GIS 3D. selain pemetaan Bumi, Google earth juga memetakan rasi bintang, planet mars, dan juga bulan.

53. Uraikan yang Anda ketahui perihal fisika komputasi!
Jawaban : Implementasi komputasi yang mempelajari suatu adonan antara fisika, komputer sains, dan matematika Terapan untuk menawarkan solusi pada insiden dan persoalan yang kompleks pada dunia kasatmata dengan memakai simulasi juga memakai algoritma yang tepat. Banyak perangkat lunak ataupun bahasa yang digunakan, menyerupai MatLab, Visual Basic, Fortran, Open Source Physics (OSP), Labview, Mathematica, dan lain sebagainya dipakai untuk pemahaman dan pencarian solusi numerik dari masalah-masalah pada Fisikakomputasi.

54. Mengapa mempelajari scientific computing menjadi sesuatu hal yang penting dilakukan di kala globalisasi?
Jawaban : Karena komputer telah menjadi cuilan dari kehidupan sehari-hari yang dipakai dalam bidang sains, rekayasa, dunia perjuangan (bisnis), sampai edukasi,sehingga mempelajari scientific computing menjadi sesuatu hal yang penting dilakukan di kala globalisasi.

55. Uraikan kekerabatan antara dunia sains dan teknik rekayasa!
Jawaban : Dalam dunia sains dan teknik rekayasa niscaya tidak akan lepas dari model matematika bahkan dunia bisnis menyerupai ekonomi makro dan mikro akan tetap terlibat pada penggunaan model matematika, tetapi dengan nama yang berbeda tetapi hakikatnya tetap sama. Pada computer science akan membahas hal-hal seputar teknologi informatika yang sanggup menunjang scientific computing, namun perlu digarisbawahi bahwa scientific computing tidak mempelajari semua materi dari computer science.

56. Jabarkan yang Anda ketahui perihal persoalan komputasi sains yang dipakai di Indonesia!
Jawaban : Di Indonesia sudah banyak pertemuan atau kegiatan ilmiah terkait dengan komputasi, tetapi umumnya lebih terkait dengan aspek teknologi informasi. Adapun kajian di kompulasi sains masih sangat kurang. Hal ini tidak menherankan sebab komputasi sains lebih condong sebagai kajian teori murni, sehingga komunikasinya masih sangat terbatas menyerupai halnya Fisika teori.

57. Uraikan yang Anda ketahui perihal definisi ilmu komputasi secara umum!
Jawaban : Secara umum ilmu komputasi identik dengan bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains). Penerapan simulasi komputer atau banyak sekali bidang keilmuan bila dikategorikan sebagi penggunaan praktis, tetapi dalam perkembangannya dipakai juga untuk menemukan prinsip-prinsip gres yang fundamental dalam ilmu. Bidang ini berbeda dengan ilmu komputer (computer science) yang mengkaji komputasi, komputer, dan pemrosesan informasi. Bidang ini juga berbeda dengan teori dan percobaan sebagi bentuk tradisional dari ilmu dan kerja keilmuan.

Baca juga:
Contoh Soal TIK Kelas XI Semester Genap Pilihan Ganda dan Jawabannya
Contoh Soal Powerpoint Pilihan Ganda dan Jawabannya
Contoh Soal TIK (Ujian Sekolah/USBN ) Sekolah Menengan Atas Kelas XII
Soal Ujian Sekolah KKPI Sekolah Menengah kejuruan Kelas XII dan Jawabannya Lengkap Terbaru

58. Jelaskan cara kerja mesin Mealy!
Jawaban : Mesin Mealy adlah otimasifase berhingga yang menghasilkan output menurut fase dikala itu dan cuilan input. Mesin Mealy mempunyai sinyal inout dan output untuk tiap transisi

59. Jabarkan penggunaan scientific computing dalam mengatasi pemodelan aerodinamis!
Jawaban : Kegiatan permodelan aerodinamis dalam industri otomatif maupun industry penerbangan merupakan hal di perlukan dengan adanya hal menyerupai ini suatu perusahaan tersebut sanggup menciptakan model kendaraan yang paling efisien dan nyaman secara virtual tanpa harus menghabiskan biaya uji coba.

60. Jelaskan yang dimaksud dengan model fungsional dalam komputasi!
Jawaban : Model jenis ini terdiri dari satu set nilai-nilai, fungsi-fungsi dan operasi aplikasi fungsi dan komposisi fungsi. Fungsi sanggup mengambil fungsi lain sebagai argumentasi dan mengembalikan fungsi sebagai hasil (higher-order function)

Lanjut ke soal evaluasi tengah semester genap ==> 40 Contoh Soal UTS/PTS Informatika Kelas 11 Semester 2 Kurikulum 2013 SMA/MA Beserta Jawaban (PG+Essay)

Related : 60 Pola Soal Informatika Kelas 11 Semester 2 Kurikulum 2013 Sma/Ma Beserta Tanggapan (Pg+Essay)Part8

0 Komentar untuk "60 Pola Soal Informatika Kelas 11 Semester 2 Kurikulum 2013 Sma/Ma Beserta Tanggapan (Pg+Essay)Part8"

DUKUNG KAMI

SAWER Ngopi Disini.! Merasa Terbantu Dengan artikel ini? Ayo Traktir Kopi Dengan Cara Berbagi Donasi. Agar Kami Tambah Semangat. Terimakasih :)