Pengertian Dan Langkah - Langkah Discovery Learning

DISCOVERY LEARNING

Pada lampiran IV Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A Tahun 2013, untuk mencapai kualitas yang telah dirancang dalam dokumen kurikulum, kegiatan pembelajaran perlu menggunakan prinsip yang: (1) berpusat pada penerima didik, (2) berbagi kreativitas penerima didik, (3) membuat kondisi menyenangkan dan menantang, (4) bermuatan nilai, etika, estetika, logika, dan kinestetika, dan (5) menyediakan pengalaman mencar ilmu yang bermacam-macam melalui penerapan banyak sekali taktik dan metode pembelajaran yang menyenangkan, kontekstual, efektif, efisien, dan bermakna.

Di dalam pembelajaran, penerima didik didorong untuk menemukan sendiri dan mentransformasikan informasi kompleks, mengecek informasi gres dengan yang sudah ada dalam ingatannya, dan melaksanakan pengembangan menjadi informasi atau kemampuan yang sesuai dengan lingkungan dan jaman daerah dan waktu ia hidup. Kurikulum 2013 menganut pandangan dasar bahwa pengetahuan tidak sanggup dipindahkan begitu saja dari guru ke penerima didik. Peserta didik ialah subjek yang mempunyai kemampuan untuk secara aktif mencari, mengolah, mengkonstruksi, dan menggunakan pengetahuan. Untuk itu pembelajaran harus berkenaan dengan kesempatan yang diberikan kepada penerima didik untuk mengkonstruksi pengetahuan dalam proses kognitifnya.
1.         Definisi
Strategi discovery learning adalah teori mencar ilmu yang didefinisikan sebagai proses pembelajaran yang terjadi bila pelajar tidak disajikan dengan pelajaran dalam bentuk finalnya, tetapi dibutuhkan mengorganisasi sendiri. Sebagaimana pendapat Bruner, bahwa: “Discovery Learning can be defined as the learning that takes place when the student is not presented with subject matter in the final form, but rather is required to organize it him self” (Lefancois dalam Emetembun, 1986:103). Yang menjadikan dasar inspirasi Bruner ialah pendapat dari Piaget yang menyatakan bahwa anak harus berperan aktif dalam mencar ilmu di kelas.
Bruner menggunakan taktik yang disebutnya discovery learning, dimana murid mengorganisasi materi yang dipelajari dengan suatu bentuk final (Dalyono, 1996:41). Strategi discovery learningadalah memahami konsep, arti, dan hubungan, melalui proses intuitif untuk hasilnya hingga kepada suatu kesimpulan (Budiningsih, 2005:43). Discovery terjadi bila individu terlibat, terutama dalam penggunaan proses mentalnya untuk menemukan beberapa konsep dan prinsip. Discoverydilakukan melalaui observasi, klasifikasi, pengukuran, prediksi, penentuan. Proses tersebut disebut cognitive processsedangkan discovery itu sendiri ialah the mental process of assimilatig conceps and principles in the mind (Robert B. Sund dalam Malik, 2001:219).
Sebagai taktik belajar, discovery learningmempunyai prinsip yang sama dengan inkuiri (inquiry) dan problem solving. Tidak ada perbedaan yang prinsipil pada ketiga istilah ini, pada discovery learninglebih menekankan pada ditemukannya konsep atau prinsip yang sebelumnya tidak diketahui. Perbedaannya dengan discoveryialah bahwa pada discovery persoalan yang diperhadapkan kepada peserta didiksemacam persoalan yang direkayasa oleh guru. Sedangkan pada inkuiri masalahnya bukan hasil rekayasa, sehingga penerima didik harus mengerahkan seluruh pikiran dan keterampilannya untuk mendapat temuan-temuan di dalam persoalan itu melalui proses penelitian, sedangkan problem solving lebih memberi tekanan pada kemampuan menuntaskan masalah.

2.         Konsep
Dalam Konsep Belajar, bahwasanya taktik discovery learningmerupakan pembentukan kategori-kategori atau konsep-konsep, yang sanggup memungkinkan terjadinya generalisasi. Sebagaimana teori Bruner perihal kategorisasi yang nampak dalam discovery, bahwa discoveryadalah pembentukan kategori-kategori, atau lebih sering disebut sistem-sistem coding. Pembentukan kategori-kategori dan sistem-sistem coding dirumuskan demikian dalam arti relasi-relasi (similaritas & difference) yang terjadi diantara obyek-obyek dan kejadian-kejadian (events). Bruner memandang bahwa suatu konsep atau kategorisasi mempunyai lima unsur, dan penerima didik dikatakan memahami suatu konsep apabila mengetahui semua unsur dari konsep itu, meliputi: 1) Nama; 2) Contoh-contoh baik yang positif maupun yang negatif; 3) Karakteristik, baik yang pokok maupun tidak; 4) Rentangan karakteristik; 5) Kaidah (Budiningsih, 2005:43). Bruner menjelaskan bahwa pembentukan konsep merupakan dua kegiatan mengkategori yang berbeda yang menuntut proses berfikir yang berbeda pula. Seluruh kegiatan mengkategori mencakup mengidentifikasi dan menempatkan contoh-contoh (obyek-obyek atau peristiwa-peristiwa) ke dalam kelas dengan menggunakan dasar kriteria tertentu.
Di dalam proses belajar, Bruner mementingkan partisipasi aktif dari tiap penerima didik, dan mengenal dengan baik adanya perbedaan kemampuan. Untuk menunjang proses mencar ilmu perlu lingkungan memfasilitasi rasa ingin tahu penerima didik pada tahap eksplorasi. Lingkungan ini dinamakan discovery learning environment, yaitu lingkungan dimana penerima didik sanggup melaksanakan eksplorasi, penemuan-penemuan gres yang belum dikenal atau pengertian yang menyerupai dengan yang sudah diketahui. Lingkungan menyerupai ini bertujuan semoga penerima didik dalam proses mencar ilmu sanggup berjalan dengan baik dan lebih kreatif.
Untuk memfasilitasi proses mencar ilmu yang baik dan kreatif harus berdasarkan pada manipulasi materi pelajaran sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif penerima didik. Manipulasi materi pelajaran bertujuan untuk memfasilitasi kemampuan penerima didik dalam berfikir (merepresentasikan apa yang dipahami) sesuai dengan tingkat perkembangannya. Menurut Bruner perkembangan kognitif seseorang terjadi melalui tiga tahap yang ditentukan oleh bagaimana cara lingkungan, yaitu: enactiv, iconic, dan symbolic. Tahap enaktiv, seseorang melaksanakan aktivitas-aktivitas dalam upaya untuk memahami lingkungan sekitarnya, artinya, dalam memahami dunia sekitarnya anak menggunakan pengetahuan motorik, contohnya melalui gigitan, sentuhan, pegangan, dan sebagainya. Tahap iconic, seseorang memahami objek-objek atau dunianya melalui gambar-gambar dan visualisasi verbal. Maksudnya, dalam memahami dunia sekitarnya anak mencar ilmu melalui bentuk perumpamaan (tampil) dan perbandingan (komparasi). Tahap symbolic, seseorang telah bisa mempunyai ide-ide atau gagasan-gagasan ajaib yang sangat dipengaruhi oleh kemampuannya dalam berbahasa dan logika. Dalam memahami dunia sekitarnya anak mencar ilmu melalui simbol-simbol bahasa, logika, matematika, dan sebagainya.
Pada hasilnya yang menjadi tujuan dalam taktik discovery learningmenurut Bruner ialah hendaklah guru memperlihatkan kesempatan kepada muridnya untuk menjadi seorang problem solver, seorang scientist, historin, atau mahir matematika. Dan melalui kegiatan tersebut penerima didik akan menguasainya, menerapkan, serta menemukan hal-hal yang bermanfaat bagi dirinya. Karakteristik yang paling terang mengenai discovery sebagai taktik mengajar ialah bahwa setelah tingkat-tingkat inisial (pemulaan) mengajar, bimbingan guru hendaklah lebih berkurang dari pada strategi-strategi mengajar lainnya. Hal ini tak berarti bahwa guru menghentikan untuk memperlihatkan suatu bimbingan setelah problema disajikan kepada pelajar. Tetapi bimbingan yang diberikan tidak hanya dikurangi direktifnya melainkan pelajar  diberi responsibilitas yang lebih besar untuk mencar ilmu sendiri.

3.         Kelebihan Penerapan Discovery Learning
1)   Membantu penerima didik untuk memperbaiki dan meningkatkan keterampilan-keterampilan dan proses-proses kognitif. Usaha inovasi merupakan kunci dalam proses ini, seseorang tergantung bagaimana cara belajarnya.
2)   Pengetahuan yang diperoleh melalui taktik ini sangat pribadi dan ampuh alasannya ialah menguatkan pengertian, ingatan dan transfer.
3)   Menimbulkan rasa bahagia pada penerima didik, alasannya ialah tumbuhnya rasa menyidik dan berhasil.
4)   Strategi ini memungkinkan penerima didik berkembang dengan cepat dan sesuai dengan kecepatannya sendiri.
5)   Menyebabkan penerima didik mengarahkan kegiatan belajarnya sendiri dengan melibatkan akalnya dan motivasi sendiri.
6)   Strategi ini sanggup membantu penerima didik memperkuat konsep dirinya, alasannya ialah memperoleh kepercayaan bekerja sama dengan yang lainnya.
7)   Berpusat pada penerima didik dan guru berperan sama-sama aktif mengeluarkan gagasan-gagasan. Bahkan gurupun sanggup bertindak sebagai penerima didik, dan sebagai peneliti di dalam situasi diskusi.
8)   Membantu penerima didik menghilangkan skeptisme (keragu-raguan) alasannya ialah mengarah pada  kebenaran yang final dan tertentu atau pasti.
9)   Peserta didik akan mengerti konsep dasar dan ide-ide lebih baik;
10) Membantu dan berbagi ingatan dan transfer kepada situasi proses belajar  yang baru;
11)Mendorong penerima didik berfikir dan bekerja atas inisiatif sendiri;
12)Mendorong penerima didik berfikir intuisi dan merumuskan hipotesis sendiri;
13)Memberikan keputusan yang bersifat intrinsik;
14)Situasi proses mencar ilmu menjadi lebih terangsang;
15)Proses mencar ilmu mencakup sesama aspeknya penerima didik menuju pada pembentukan manusia  seutuhnya;
16)Meningkatkan tingkat penghargaan pada penerima didik;
17)Kemungkinan penerima didik mencar ilmu dengan memanfaatkan banyak sekali jenis sumber belajar;
18)Dapat berbagi talenta dan kecakapan individu.

4.         Langkah-langkah Operasional Implementasi dalam Proses Pembelajaran
1.     Langkah Persiapan Strategi Discovery Learning
a.    Menentukan tujuan pembelajaran
b.    Melakukan identifikasi karakteristik penerima didik (kemampuan awal, minat, gaya   belajar, dan sebagainya)
c.    Memilih materi pelajaran.
d.    Menentukan topik-topik yang harus dipelajari penerima didik secara induktif (dari contoh-contoh generalisasi)
e.    Mengembangkan bahan-bahan mencar ilmu yang berupa contoh-contoh, ilustrasi, kiprah dan sebagainya untuk dipelajari penerima didik
f.     Mengatur topik-topik pelajaran dari yang sederhana ke kompleks, dari yang faktual ke abstrak, atau dari tahap enaktif, ikonik hingga ke simbolik
g.   Melakukan evaluasi proses dan hasil mencar ilmu penerima didik
2.     Prosedur Aplikasi Strategi Discovery Learning
Menurut Syah (2004:244) dalam mengaplikasikan taktik discovery learningdi kelas, ada beberapa mekanisme yang harus dilaksanakan dalam kegiatan mencar ilmu mengajar secara umum sebagai berikut:
a.     Stimulation (stimulasi/pemberian rangsangan)
Pertama-tama pada tahap ini pelajar dihadapkan pada sesuatu yang mengakibatkan kebingungannya, kemudian dilanjutkan untuk tidak memberi generalisasi, semoga timbul harapan untuk menyidik sendiri. Disamping itu guru sanggup memulai kegiatan PBM dengan mengajukan pertanyaan, tawaran membaca buku, dan acara mencar ilmu lainnya yang mengarah pada persiapan pemecahan masalah. Stimulasi pada tahap ini berfungsi untuk menyediakan kondisi interaksi mencar ilmu yang sanggup berbagi dan membantu penerima didik dalam mengeksplorasi bahan.
b.     Problem statement (pernyataan/ identifikasi masalah)
Setelah dilakukan stimulation langkah selanjutya ialah guru memberi kesempatan kepada penerima didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin agenda-agenda persoalan yang relevan dengan materi pelajaran, kemudian salah satunya dipilih dan dirumuskan dalam bentuk hipotesis (jawaban sementara atas pertanyaan masalah) (Syah 2004:244). Memberikan kesempatan penerima didik untuk mengidentifikasi dan menganalisa permasalahan yang mereka hadapi, merupakan teknik yang berkhasiat dalam membangun penerima didik semoga mereka terbiasa untuk menemukan suatu masalah.
c.     Data collection (pengumpulan data).
Ketika eksplorasi berlangsung guru juga memberi kesempatan kepada para penerima didik untuk mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya yang relevan untuk pertanda benar atau tidaknya hipotesis (Syah, 2004:244). Pada tahap ini berfungsi untuk menjawab pertanyaan atau pertanda benar tidaknya  hipotesis, dengan demikian anak didik diberi kesempatan untuk mengumpulkan (collection) banyak sekali informasi yang relevan, membaca literatur, mengamati objek, wawancara dengan nara sumber, melaksanakan uji coba sendiri dan sebagainya. Konsekuensi dari tahap ini ialah penerima didik mencar ilmu secara aktif untuk menemukan sesuatu yang bekerjasama dengan permasalahan yang dihadapi, dengan demikian secara tidak disengaja penerima didik menghubungkan persoalan dengan pengetahuan yang telah dimiliki.
d.     Data processing (pengolahan data)
Menurut Syah (2004:244) pengolahan data merupakan kegiatan mengolah data dan informasi yang telah diperoleh para penerima didik baik melalui wawancara, observasi, dan sebagainya, kemudian ditafsirkan, dan semuanya diolah, diacak, diklasifikasikan, ditabulasi, bahkan bila perlu dihitung dengan cara tertentu serta ditafsirkan pada tingkat kepercayaan tertentu (Djamarah, 2002:22). Data processing disebut juga dengan pengkodean coding/kategorisasi yang berfungsi sebagai pembentukan konsep dan generalisasi. Dari generalisasi tersebut penerima didik akan mendapat pengetahuan gres perihal alternatif jawaban/ penyelesaian yang perlu mendapat pembuktian secara logis
e.     Verification (pembuktian)
Pada tahap ini penerima didik melaksanakan investigasi secara cermat untuk pertanda benar atau tidaknya hipotesis yang ditetapkan tadi dengan temuan alternatif, dihubungkan dengan hasil data processing (Syah, 2004:244). Berdasarkan hasil pengolahan dan tafsiran, atau informasi yang ada, pernyataan atau hipotesis yang telah dirumuskan terdahulu itu kemudian dicek, apakah terjawab atau tidak, apakah terbukti atau tidak.
f.      Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi)
Tahap generalisasi/menarik kesimpulan ialah proses menarik sebuah kesimpulan yang sanggup dijadikan prinsip umum dan berlaku untuk semua insiden atau persoalan yang sama, dengan memperhatikan hasil verifikasi (Syah, 2004:244). Berdasarkan hasil verifikasi maka  dirumuskan prinsip-prinsip yang mendasari generalisasi. Setelah menarik kesimpulan  penerima didik harus memperhatikan proses generalisasi yang menekankan pentingnya penguasaan pelajaran  atas makna dan kaidah atau prinsip-prinsip yang luas yang mendasari pengalaman seseorang, serta pentingnya proses pengaturan dan generalisasi dari pengalaman-pengalaman itu.
5.         Sistem Penilaian
Dalam strategi pembelajaran discovery learning, evaluasi sanggup dilakukan dengan menggunakan tes maupun non tes. Sedangkan evaluasi yang dipakai sanggup berupa evaluasi kognitif, proses, sikap, atau evaluasi hasil kerja penerima didik. Jika bentuk penilainnya berupa evaluasi kognitif, maka dalam strategi pembelajaran discovery learning sanggup menggunakan tes tertulis. 


Daftar Pustaka
Barrows, H.S.  1996.  “Problem-based learning in medicine and beyond: A brief overview” Dalam Bringing problem-based learning to higher education: Theory and Practice (hal 3-12).  San Francisco: Jossey-Bass.
Delisle, R. (1997). How to Use Problem_Based Learning In the Classroom. Alexandria, Virginia USA: ASCD.
Gijselaers, W.H.  1996. “Connecting problem-based practices with educational theory.” Dalam Bringing problem-based learning to higher education: Theory and Practice (hal 13-21).  San Francisco: Jossey-Bass.
Nur, M. 2011. Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: PSMS Unesa.
Tim Sertifikasi Unesa. 2010. Modul Pembelajaran Inovatif. Surabaya: PLPG Unesa.
Arend, R.I. 2001. Learning to Teach, 5th Ed. Boston: McGraw-Hill Company, Inc.
Baldwin, A.L. 1967. Theories of Child Development. New York: John Wiley & Sons.
Carin, A.A. & Sund, R.B. 1975. Teaching Science trough Discovery, 3rd Ed. Columbus: Charles E. Merrill Publishing Company.
Carin, A.A. 1993. Teaching Science Through Discovery. ( 7th. ed. ) New York: Maxwell Macmillan International.
Muller, U.,  Carpendale, J.I.M.,  Smith, L. 2009.  The Cambridge Companion to PIAGET. Cambridge University Press.
Nur, M. 1998. Teori-teori Perkembangan. Surabaya: Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Nur, M. & Wikandari, P.R. 2000. Pengajaran Berpusat Kepada Siswa Dan Pendekatan Konstruktivis Dalam Pengajaran. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya University Press.
Osborne, R.J. & Wittrock, M.C. 1985. Learning Science: A Generative Process, Science Education, 64, 4: 489-503.
Sund, R.B. & Trowbridge, L.W. 1973. Teaching Science by Inquiry in the Secondary School, 3rd Ed. Columbus: Charles E. Merrill Publishing Company.

Sutherland, P. 1992. Cognitive Development Today: Piaget and his Critics. London: Paul Chapman Publishing Ltd.


Related : Pengertian Dan Langkah - Langkah Discovery Learning

0 Komentar untuk "Pengertian Dan Langkah - Langkah Discovery Learning"

DUKUNG KAMI

SAWER Ngopi Disini.! Merasa Terbantu Dengan artikel ini? Ayo Traktir Kopi Dengan Cara Berbagi Donasi. Agar Kami Tambah Semangat. Terimakasih :)